Thursday 24 January 2013

Peluang Usaha Ternak Burung Parkit Sangat Menjanjikan



Ternak burung parkit kian dilirik sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan. Selain relatif mudah dilakukan, ternak burung parkit juga dapat dijadikan lahan untuk menjemput rejeki. Konon ternak burung parkit disebut-sebut mampu mencetak laba yang cukup besar diantara usaha ternak lainnya.

Meski mudah dilakukan, namun bukan berarti peternak pemula akan langsung sukses menangkarkan parkit. Ternak burung parkit tetap memerlukan ketelatenan, keuletan dan kesabaran, tak jauh beda dengan ternak jenis burung lainnya.

Burung parkit menyukai hidup secara berkelompok/ berkoloni dan sangat mudah menyesuaikan diri di dalam kandang penangkaran. Di alam bebas burung parkit berkembang biak pada bulan Oktober – Desember.

Bila musim kawin tiba induk parkit jantan biasanya akan bernyanyi untuk memikat induk betina. Ketika ada kecocokan maka induk parkit tersebut kemudian akan melakukan perkawinan.
Pasangan induk parkit biasanya akan bertelur dengan jumlah rata-rata 6 butir per pasangan. Burung parkit ini dikenal sangat setia dengan pasangannya. Bila induk parkit betina sedang bertelur maka induk parkit jantan akan menunggui di luar sambil bersiul menghibur dan akan mengusir pengganggu yang mendekati sarangnya.

Anakan burung parkit yang baru menetas biasanya masih dalam kondisi mata terpejam. Setelah umur sembilan hari barulah matanya terbuka.

Pada umur 30 hari anakan burung parkit mulai siap meninggalkan sarangnya untuk belajar terbang. Namun meski sudah mulai terbang, sang induk biasanya masih menyuapinya hingga umur 40 hari. Setelah umur tersebut biasanya persiapan untuk perkawinan untuk generasi yang baru akan dilakukan.

Anakan parkit akan mulai matang kelaminnya setelah berumur 90 hari. Parkit jantan yang telah matang kelamin akan segera memikat betinanya dengan siulan mautnya untuk menjadi pasangan yang akan mengembangbiakan keturunannya


sumber : http://duniaternak.com

No comments:

Post a Comment